Rangkuman informatika materi pengembangan artefak komputasional

Pengembangan artefak komputasional 

A. Artefak komputasional 

Artefak komputasional adalah produk hasil pemanfaatan teknologi komputer dan berpikir komputasional. Contoh artefak ini meliputi aplikasi, video, gambar, presentasi, situs web, dan lainnya. Pembuatan artefak komputasional bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif melalui penggunaan teknologi.


B. GitHub: Platform Pengelolaan Proyek Pemrograman

GitHub adalah layanan berbasis cloud untuk menyimpan dan mengelola proyek perangkat lunak. GitHub menggunakan sistem kontrol versi Git, yang dapat mencatat semua perubahan file dalam suatu proyek.

1. Prinsip Utama dalam GitHub

Prinsip Git

Git adalah sistem kontrol versi terdistribusi. Artinya, setiap pengguna memiliki salinan penuh dari seluruh repository, termasuk seluruh riwayat perubahan.

Version Control System (Sistem Kontrol Versi)

GitHub mencatat semua perubahan yang dilakukan pada proyek. Dengan demikian, setiap perubahan dapat dilacak, dikembalikan ke versi sebelumnya, atau diperiksa riwayat perubahannya.

Hub

GitHub berfungsi sebagai tempat kolaborasi antar-developer. Pengguna dapat membagikan proyeknya, memberikan kontribusi pada proyek orang lain, atau mencari rekan kolaborasi.

Repository 

Repository adalah tempat menyimpan semua file yang berkaitan dengan suatu proyek, seperti file kode, gambar, dokumentasi, dan data lainnya.


C. Teknologi Makey Makey: Kreativitas Mengubah Benda Menjadi Alat Kontrol

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronik yang memungkinkan benda sehari-hari berfungsi sebagai tombol atau alat input untuk komputer. Alat ini mengandalkan prinsip kelistrikan sederhana di mana benda konduktif dapat mengalirkan sinyal listrik ke papan Makey Makey.

1. Fungsi dan Cara Kerja

Makey Makey digunakan untuk mengubah benda padat atau cair menjadi tombol keyboard atau mouse. Saat benda tersebut disentuh, sinyal listrik dikirim melalui kabel dan diproses menjadi perintah pada komputer.

2. Manfaat Penggunaan Makey Makey

1. Memanfaatkan benda-benda di sekitar sebagai alat input elektronik.

2. Meningkatkan kreativitas dalam membuat kontroler atau alat permainan.

3. Memberikan pengalaman belajar interaktif dalam bidang teknologi dan kelistrikan sederhana.

3. Komponen Utama

Papan sirkuit

Berisi mikrokontroler dan beberapa port input-output untuk koneksi.

Klip Buaya dan Kabel

Digunakan untuk menghubungkan benda konduktif dengan papan Makey Makey.

Port USB

Untuk menghubungkan Makey Makey ke komputer.


D. Proyek Kreatif: Membuat Synthesizer Menggunakan Media Air

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dengan Makey Makey adalah membuat synthesizer sederhana menggunakan air berwarna.

Langkah-Langkah Pembuatan:

1. Merekam Suara

Menggunakan aplikasi seperti Garage Band untuk merekam nada-nada suara.

2. Melakukan Riset Musik

Menentukan jenis nada, durasi suara, dan variasi yang akan digunakan.

3. Pemrograman dengan Scratch

Menggunakan Scratch untuk mengatur agar setiap warna air menghasilkan suara tertentu.

4. Membuat Synthesizer Air

Mengisi gelas dengan air berwarna, kemudian menghubungkannya ke papan Makey Makey menggunakan klip buaya.

5. Menghubungkan ke Komputer

Menyambungkan papan Makey Makey ke komputer dan melakukan uji coba.


Tujuan Proyek

Proyek ini bertujuan mengembangkan kreativitas dalam menggunakan media sederhana untuk membuat instrumen musik interaktif, sekaligus memperkenalkan prinsip dasar listrik dan pemrograman sederhana.


Comments