Rangkuman informatika materi pengembangan artefak komputasional
Pengembangan artefak komputasional
A. Artefak komputasional
Artefak komputasional adalah produk hasil pemanfaatan teknologi komputer dan berpikir komputasional. Contoh artefak ini meliputi aplikasi, video, gambar, presentasi, situs web, dan lainnya. Pembuatan artefak komputasional bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif melalui penggunaan teknologi.
B. GitHub: Platform Pengelolaan Proyek Pemrograman
GitHub adalah layanan berbasis cloud untuk menyimpan dan mengelola proyek perangkat lunak. GitHub menggunakan sistem kontrol versi Git, yang dapat mencatat semua perubahan file dalam suatu proyek.
1. Prinsip Utama dalam GitHub
Prinsip Git
Git adalah sistem kontrol versi terdistribusi. Artinya, setiap pengguna memiliki salinan penuh dari seluruh repository, termasuk seluruh riwayat perubahan.
Version Control System (Sistem Kontrol Versi)
GitHub mencatat semua perubahan yang dilakukan pada proyek. Dengan demikian, setiap perubahan dapat dilacak, dikembalikan ke versi sebelumnya, atau diperiksa riwayat perubahannya.
Hub
GitHub berfungsi sebagai tempat kolaborasi antar-developer. Pengguna dapat membagikan proyeknya, memberikan kontribusi pada proyek orang lain, atau mencari rekan kolaborasi.
Repository
Repository adalah tempat menyimpan semua file yang berkaitan dengan suatu proyek, seperti file kode, gambar, dokumentasi, dan data lainnya.
C. Teknologi Makey Makey: Kreativitas Mengubah Benda Menjadi Alat Kontrol
Makey Makey adalah papan sirkuit elektronik yang memungkinkan benda sehari-hari berfungsi sebagai tombol atau alat input untuk komputer. Alat ini mengandalkan prinsip kelistrikan sederhana di mana benda konduktif dapat mengalirkan sinyal listrik ke papan Makey Makey.
1. Fungsi dan Cara Kerja
Makey Makey digunakan untuk mengubah benda padat atau cair menjadi tombol keyboard atau mouse. Saat benda tersebut disentuh, sinyal listrik dikirim melalui kabel dan diproses menjadi perintah pada komputer.
2. Manfaat Penggunaan Makey Makey
1. Memanfaatkan benda-benda di sekitar sebagai alat input elektronik.
2. Meningkatkan kreativitas dalam membuat kontroler atau alat permainan.
3. Memberikan pengalaman belajar interaktif dalam bidang teknologi dan kelistrikan sederhana.
3. Komponen Utama
Papan sirkuit
Berisi mikrokontroler dan beberapa port input-output untuk koneksi.
Klip Buaya dan Kabel
Digunakan untuk menghubungkan benda konduktif dengan papan Makey Makey.
Port USB
Untuk menghubungkan Makey Makey ke komputer.
D. Proyek Kreatif: Membuat Synthesizer Menggunakan Media Air
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dengan Makey Makey adalah membuat synthesizer sederhana menggunakan air berwarna.
Langkah-Langkah Pembuatan:
1. Merekam Suara
Menggunakan aplikasi seperti Garage Band untuk merekam nada-nada suara.
2. Melakukan Riset Musik
Menentukan jenis nada, durasi suara, dan variasi yang akan digunakan.
3. Pemrograman dengan Scratch
Menggunakan Scratch untuk mengatur agar setiap warna air menghasilkan suara tertentu.
4. Membuat Synthesizer Air
Mengisi gelas dengan air berwarna, kemudian menghubungkannya ke papan Makey Makey menggunakan klip buaya.
5. Menghubungkan ke Komputer
Menyambungkan papan Makey Makey ke komputer dan melakukan uji coba.
Tujuan Proyek
Proyek ini bertujuan mengembangkan kreativitas dalam menggunakan media sederhana untuk membuat instrumen musik interaktif, sekaligus memperkenalkan prinsip dasar listrik dan pemrograman sederhana.
Comments
Post a Comment